Satgas Ops Bina Karuna Polres Pulpis gelar Sosialisasi dan Imbauan Kepada Warga untuk Cegah KARHUTLA

 

Pulang Pisau– Dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Wilayah Hukum, Polres Pulpis Polda Kalteng menggelar Operasi Bina Karuna telabang 2023.

Dalam kegiatan operasi ini diutamakan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan di daerahnya. Hal ini untuk mengantisipasi agar bencana kabut asap tidak terjadi di Kabupaten Pulpis yang disebabkan karena karhutla.

Hari ini, Satgas Preemtif dan Preventif Operasi Bina Karuna Polres Pulpis menggelar kegiatan sosialisasi dan himbauan, dengan menyambangi langsung warga di desa Hanjak Maju Kecamatan Kahayan hilir Kabupaten Pulpis Sabtu ( 01/07/2023).

Kapolres Pulang Pisau AKBP Mada Ramadita, S.I.K melalui Kasat Binmas IPTU Laaser Kristovor, S.H., menyampaikan kegiatan imbauan dan sosialisasi ini untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Pulpis.

“kemudian Operasi ini dimaksudkan untuk mengantisipasi Karhutla, dengan memberikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat. Hal ini sebagai upaya Polres Pulpis dan Polsek Jajaran dalam memberikan imbauan sedini mungkin agar masyarakat tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan perkebunan,” jelasnya.

Lanjutnya, “Karena masalah Karhutla ini menjadi perhatian serius dari semua pihak agar bencana kebakaran dan kabut asap tidak terjadi di Kabupaten Pulpis ini kedepannya. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi dan ikut andil mencegah karhutla ini, karena bencana karhutla ini dapat merugikan kita semua, dan Karhutla dapat memberikan dampak yang buruk baik itu dari segi kesehatan, sosial dan ekonomi, hingga berdampak luas kepada masyarakat,”

dan dapat terganggunya aktivitas serta perekonomian nasional. Hal ini dapat dicegah apabila seluruh masyarakat ikut andil dan berpartisipasi mencegah kebakaran hutan dan lahan ini dengan tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan,”imbuhnya .

Related posts